Upacara Kasada di Gunung Bromo

Upacara kasada bromo
Upacara kasada adalah ritual adat yang dilaksanakan oleh Suku Tengger di wilayah Gunung Bromo yang dilaksanakan setiap tahun sekali, yaitu dihari ke 14 dibulan Kasada menurut penanggalan Hindu Tengger. Upacara Kasada merupakan wujud rasa sukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan selain itu juga untuk menghormati leluhur mereka yaitu Raden Kusuma, putra dari Joko Seger dan Roro Anteng yang di masa lalu telah berkorban demi masyarakat tengger.

Tahapan Upacara Kasada

Sedangkan upacara kasada dilaksanakan dengan beberapa tahap sampai pada tahap penyerahan sesaji. Sesaji bisa berupa hasil pertanian dan perternakan, kemudian di Pura Luhur Poten tepatnya di laut pasir kaki Gunung Bromo,  upacara digelar dan dipimpin oleh beberapa dukun di Wilayah tengger. Selain itu upacara kasada juga dijadikan momen untuk mengangkat dukun baru.  Upacara digelar mulai tengah malam sampai dini hari.

Pengorbanan saat Upacara Kasada

Pada upacara kasada ini bagi masyarakat tengger adalah mengorbankan sebagian hasil pertanian, perternakan, serta uang dengan cara ‘melabuhkan’ dikawah Gunung Bromo sebagai sesaji. Dan pemandangan yang unik saat melemparkan atau menyerahkan sesaji di kawah, ketika ada sebagian penduduk di wilayah Tengger yang telah menunggu di bibir kawah untuk mendapatkan sesaji.

Tanggal Pelaksanaan Upacara Kasada 2014

Upacara kasada tahun 2014 akan dilaksanakan sekitar 12-13 Agustus setelah hari raya Lebaran, dan kemungkinan besar akan berlangsung ramai karena bertepatan dengan hari libur. Bila ingin berkunjung ke wilayah Gunung Bromo dan melihat upacara yadnya kasada persiapkan jauh-jauh hari, dapatkan informasi yang jelas mengenai upacara kasada.

Koleksi foto-foto setelah pelaksanaan upacara kasada

Bersantai setelah menghadiri upacara kasada

Berpose dengan mobil antik setelah upacara kasada

Berpose dengan mobil antik setelah upacara kasada

Pulang dari upacara kasada

Suasana sebelah pura setelah upacara kasada

Suasana setelah upacara kasada

Pengunjung yang ikut menyaksikan upacara kasada

Anak penduduk tengger yang ikut menghadiri upacara kasada
Turis Belanda yang puas bisa menyaksikan upacara kasada